Skip to content

Yang sering terabaikan dari Ramadhan Kareem

“Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketetapan Allah Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.”

QS.AL An’am Ayat: 96

Ramadhan Kareem, bulan penuh barokah maghfirah , tak ada seorang beriman pun yang tidak gembira mendengar kedatangan bulan ini. Marhaban yaa Ramadhan marhabaan… ucapan, banner yang sebentar lagi akan kita dengar dan lihat disemua media baik offline maupun online.Marhaban yaaa Ramadhan..

Seperti kutipan diawal alinea, Allah Subhanahu Wa Ta’ala bersabda liwat ayat 96, Quran surah Al An’am, Peredaran, perputaran siang dan malam adalah ketetapan Allah.

Pernahkah kita perhatikan lebih dalam, lebih seksama terutama saat siang hari dan malam hari selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan? Teriknya matahari selama Bulan Ramadhan begitu berbeda, selain waktu siang terasa lebih lama, lebih sumuk atau rasa gerah yang berbeda dari hari biasanya. Hari-hari akan bertambah hangat, cenderung panas membuat tenggorokan lebih cepat kering ,dehidrasi apalagi untuk saudara kita yang bekerja di udara terbuka, seperti ojol atau tukang bangunan.

Pernahkah jugakah kita perhatikan juga saat malam menjelang, maghrib terasa lama sekali dan ajiib, makin hari maghrib akan lebih lama, malam terasa lebih cepat berjalan. Di hari pertama pada bulan ini, tiada satu rumahpun yang tidak akan sibuk pada hari pertama bulan ini, bahkan sebelum waktu sahur setiap rumah muslimin di seluruh dunia akan ada kesibukan menyiapkan makan sahur. Seiring waktu biasanya setelah sepekan berlalu, bangun sahur sungguhlah perjuangan yang berat. Bangun malam untuk makan, lalu menunggu waktu sholat sungguh perjuangan yang berat melawan kantuk yang luar biasa.

Soto Betawi

Masakan berkuah, berlimpah rempah, hidangan wah menemani sahur selama Ramadhan

Udara malam pada bulan ramadhan biasanya lebih dingin daripada malam-malam sebelumnya. Sepuluh hari pertama terasa akan bertambah dingin , terus bertambah dingin hingga malam ke 30. Waktu subuh akan merambat menjadi lebih awal matahari akan terbit lebih awal yang otomatis adzan subuh akan juga bergeser lebih awal. Puncaknya si 10 hari terakhir adzan subuh berkumandang saat jarum jam masih diangka 03….!!

Kombinasi saat siang hari yang terik dan terasa lama dengan malam hari yang dingin menusuk tulang, serta terasa sangat singkat, sungguh akan membuat kondisi badan lebih cepat lelah. Kurang tidur dimalam hari, plus harus beraktifitas seperti biasa saat siang hari. Ini situasi yang berat yang harus kita lalui, harus kita terima dengan ikhlash dan penuh keriangan sebagai bentuk , kecintaan, ketundukan kepada Allah, bentuk pencucian dan pensucian diri selama satu bulan penuh.

Subhanallah, 30 hari yang luar biasa apakah hal tersebut Allah Azza wa Jalla  atur untuk ujian kita selama satu bulan penuh? Wallahi ‘alam bishowab, yang jelas, lebih baik bagi kita, terutama bagi penulis untuk persiapkan diri sebaik mungkin. Menyambut sebaik-baik bulan. Bulan yang Allah janjikan sebagai bulan penuh ampunan.

Para sahabat bahkan mempersiapkan diri berbulan-bulan sebelum kedatangan bulan penuh rahmat, maghfirah dan barokah ini. Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam , beliau menambah frekwensi puasa sunah pada bulan sa’ban, lebih banyak daripada bulan-bulan selainnya.

Mulailah pada hal yang ringan, siapkan beker terbaik, alarm terbaik. Bangunlah sebelum adzan subuh, Mulailah tidur lebih awal.  Jika tidak ada kepentingan syari, lebih baik tidurlah. Masih ada sekitar sepuluh hari untuk menyambut ramadhan, agar bulan yang jika kita berpuasa penuh, mengisi hari-harinya dengan tambahan ibadah sunnah, ber i’tikaf di malam sepulluh terakhir, Insya Allah, semua kebaikan bulan ramadhan bisa kita raih dengan paripurna.

Dan .. semoga kita termasuk ke dalam manusia-manusia yang Allah pilih untuk mendapatkan satu hari di Bulan Ramadhan, satu hari yang  didalamnya terdapat hari yang lebih baik daripada seribu bulan. Aamiin…aamiin…

Marhaban yaa Ramadhan… marhaban

Wallahu ‘alam bishowab

#1syawal #aqiqah #aqiqahmalang #aqiqoh #aqiqohmalang #boleng #butcher #darulaqiqah #darulaqiqoh #iedulkurban #kambing #kambingbetina #kambingjantan #kambingkurban #karkas #katering #malangkurban #parenting #qurban #ramadhan #ramadhan1444 #ramadhan2023 #ramadhankareem #ramadhankarim #ramadhantiba #renunganislam #rpa #sejarahislam #sembelihhalal #sembelihqurban #syari #Tafsqiatunnafs adab aqiqah aqiqoh boleng Kambing kambing jantan kurban malang nyunnah qurban syar'i syarat aqiqah umur kambing aqiqah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: