Skip to content

SIAPAKAH LUQMANUL HAKIM , BENARKAH BELIAU SEORANG GEMBALA?

LUQMANUL HAKIM1

Dia adalah Luqman bin Anqa bin Sadun.

illustrasi , who is lukmanul hakim?

Ada yang mengatakan bahwa namanya adalah Lukman bin Tsaran. Ada juga yang mengatakan bahwa namanya adalah Ba’ur bin Nahir bin Aazir.

Suhaili ibnul Musayyab berkata, “Ia berasal dari Sudan ,Mesir. Ia diberikan anugerah hikmah oleh Allah swt, tetapi bukan kenabian.”

Mujahid berkata, “Luqman adalah seorang hamba sahaya yang berkulit hitam, berbibir tebal, dan berkaki retak-retak.”

Umar bin Qais berkata, “Ia adalah seorang berkulit hitam, berbibir tebal, bertelapak kaki retak-retak, kemudain seseorang datang kepadanya ketika ia berada disebuah majelis, untuk mengajarkan manusia. Orang itu berkata kepadanya.”Bukankah sengkau adalah orang yang mengembala domba bersama saya ditempat ini dan ini?

                Luqman menjawab, “Benar.”

                Ia bertanya lagi, “Kemudian apa yang menyebabkan engkau mencapai kemajuan seperti yang aku lihat ini?”

                Ia menjawab,”Dengan berbicara benar, dan berdiam diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat.”2

                        Menurut pendapat yang mahsyur dikalangan ulama, bahwa Luqmanul Hakim adalah seorang wali yang bijkasana dan shaleh dan bukan seorang nabi.

                Kemudian para ulama berselisih pendapat tentang pekerjaannya. Ada yang mengatakan bahwa ia adalah seorang penjahit. Ada yang mengatakan bahwa ia adalah seorang pencari kayu bakar. Ada yang mengatakan bahwa ia adalah seorang pengembala domba. Ada yang mengatakan bahwa ia seorang pencari kayu. Ada pula yang mengatakan bahwa ia adalah seorang hakim dikalangan bani Israel pada zaman Nabi Dawud a.s.

                Abub Darda berkata tentang Luqman, “Ia tidak diberikan anugerah keluarga, harta dan pangkat. Namun ia adalah seorang yang keras, sering berdiam karena berfikir, dalam pandangannya, tidak pernah tidur saing sekalipun, tidak ada seoarngpun yang melihatnya meludah, mengeluarkan ingus, kencing, buang air besar, mandi, main-main, dan tertawa. Ia juga tidak pernah mengulang suatu ucapan yang pernah diucapkannya kecuali hikmah yang diminta untuk diulang oleh seseorang. Ia pernah menikah dan mempunyai seorang anak, namun mereka meninggal semuanya, tetapi ia tidak menangis atas kematian mereka. Ia mendatangi para pejabat, dan mendatangi para penguasa untuk berpikir dan mengambil ibrah, oleh karena itu, ia mendapatkan anugerah hikmah seperti itu. “3

Tuannya pernah berkaata kepadanya,”Sembelihlah seekor domba, kemudian berikanlah kepada saya dua bagian tubuh itu yang paling baik.” Maka Luqman memberikan kepadanya lidah dan hati domba itu. Setelah itu ia memerintahkan Luqman untuk menyembelih domba lagi, dan memerintahkan kepadanya,”Buanglah dua bagian dari tubuh domba itu bagian yang paling buruk.” Maka Luqman pun membuang lidah dan hati domba tersebut.

                Mendapati hal itu tuannya berkata,”Saya memerintahkanmu untuk memberikan kepadaku dua bagian dari tubuh domba yang paling baik dan kemudian engkau memberikan lidah dan hatinya! Berikutnya aku memerintahkanmu untuk membuang dua bagian tubuh domba yang paling buruk, dan engkau pun membuang lidah dan hatinya, mengapa begitu?” Luqman menjawab,”Karena tidak ada bagian tubuhnya yang lebih baik dari keduanya jika keduanya baik, dan tidak ada bagian tubuhnya yang paling buruk dari keduanya jika keduanya buruk.”4

______________

1silahkan rujuk kitab: Fathul Baari: 6/537, Tafsir ibnu Katsir: 3/56, Tafsir al-Qurthubi: 14/41, Qashash Al-Qur’an, Ibnu Katsir: hlm 189

2 As-Shumtu, Ibnu Abi Dunya: 115, 116, 175, Tafsir ath-Thabari:21/68, dan ad-Durr al Mantsuur: 5/162

3Tafsir Ibnu Katsir: 3/537, ad-Durr al Mantsuur: 5/162 dan Qashash al Qur’an: hlm.191

4Tafsir al Qurthubi: 14/42, 140-141, Qashash Al-Qur’an: 198-199, az Zuhd, Ahmad:hlm.65, Tafsir Ibnu katsir:3/536

#1syawal #aqiqah #aqiqahmalang #aqiqoh #aqiqohmalang #boleng #butcher #darulaqiqah #darulaqiqoh #iedulkurban #kambing #kambingbetina #kambingjantan #kambingkurban #karkas #katering #malangkurban #parenting #qurban #ramadhan #ramadhan1444 #ramadhan2023 #ramadhankareem #ramadhankarim #ramadhantiba #renunganislam #rpa #sejarahislam #sembelihhalal #sembelihqurban #syari #Tafsqiatunnafs adab aqiqah aqiqoh boleng Kambing kambing jantan kurban malang nyunnah qurban syar'i syarat aqiqah umur kambing aqiqah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: