Skip to content

Akikah Untuk Anak Kecil Yang Sudah Meninggal

Bismillah,

Akikah,  aqiqoh sering pula kekahan adalah kata yg lazim kita dengar didaerah Jawa Timur. Kami belum dengar lagi istilah sunnah walimah aqiqoh ini untuk wilayah lain. Silahkan bantu kami untuk menambah khazanah perbendarahaan kata atau istilah, jawab pada kolom komen ya…!

Bagi kita yang awam akan ilmu syar’i atau ilmu agama yang sesuai dengan dalil dan kaidah yang sesuai dengan tuntunan dari kanjeng Nabi Muhammad Sholallahu alaihi wa salaam, semoga salam sejahtera untuk beliau dan keluarganya. Adalah pertanyaan yang sering dijumpai pada pengelola rumah aqiqoh seperti yang terjadi pada kami di Darul Aqiqoh Malang.

 

Pertanyaan tersebut bagaimana hukumnya :

“Mengakikahi anak yang meninggal saat masih kecil?”

Berikut kami akan buat tulisan bersambung untuk hal ini, untuk kesempatan pertama kita ambil pendapat yang umum dipakai oleh ahlul sunnah wal jamaah dari saudara kita bermanhaj salaf..

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah

Pertanyaan :

Penanya mengatakan : bahwasanya saya mempunyai empat orang anak, dalam keadaan mereka meninggal masih kecil, sebagian mereka meninggal beberapa saat setelah dilahirkan, dan salah satunya diantara mereka mencapai empat puluh hari. Saya lupa mengakikah mereka, namun saya baru mendengar bahwa perkara (akikah) itu wajib hukumnya, apakah saya harus menebusnya sekarang?

Jawaban :

Sunnah (hukumnya) tidak wajib, hukumnya sunnah muakkad (ditekankan), dan jika engkau melakukannya itu lebih baik,dan jika engkau mengqadhanya (menebusnya) sekarang itu juga baik, dan itu adalah perkara sunnah.
Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

العقيقة عن الأطفال الذين ماتوا صغارا

✍ العلامة الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله

يقول كان لي أربعة أولاد إلا أنهم توفوا وهم صغار، بعضهم أثناء الولادة، وواحد منهم بعدما بلغ أربعين يوماً، ولم أتذكر العقيقة عنهم، إلا أنني سمعت الآن عن وجوبها، فهل أقضيها الآن؟

الجواب :

سنة غير واجبة، سنة مؤكدة وإن فعلتها فهو أحسن وإن قضيتها فهو أحسن، وإلا هي سنة جزاك الله خيراً.

https://www.binbaz.org.sa/mat/11657

Jawaban sangat simpel diberikan oleh Syaikhona,  sebagaimana halnya bahwa perkara sunnah sejatinya adalah perkara mudah , simpel dan memudahkan pelaku sunnah untuk dijalankan bukan memberatkan ummat.

Semoga bermanfaat, silahkan disebar tanpa menghilangkan links aseli.

Wallohu a’lam bishowab.

|| kunjungi •• :
https://t.me/rifumi

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: